Kota Tangerang Ikut Tampilkan Kerajinan Tangan di Inacraft ke 14

TANGERANG-Kota Tangerang turut menjadi peserta acara tahunan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) ke 14 yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (28/04). Dalam Acara tersebut, Dinas Industri, Perdagangan & Koperasi (Indakop) Kota Tangerang menampilkan beberapa peroduk kerajinan tangan dari Usaha Kecil Menengah (UKM).
 
Kadis Indakop M Noor mengatakan, hasil produk UKM yang berada dibawah binaan Indakop ini berasal dari berbagai wilayah di Kota Tangerang. “Hasil produk yang dipamerkan adalah tas etnik motif batik dari Karawaci, baju kaftan dari Ciledug,mukena dari Pinang dan batik dari larangan,” katanya.
 
Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat mengunjungi langsung stand pameran Dinas Indakop memberikan apresiasi terhadap UKM yang ada di Kota Tangerang karena mampu menampilkan produk kerajinan yang tidak kalah menarik dengan kerajinan dari daerah lain. Ia berharap agar kerajinan UKM Kota Tangerang terus dikembangkan sehingga dapat dikenal di kalangan nasional.”Saya berharap hasil UKM Kota Tangerang bisa dikenal secara nasional,” ujarnya.
 
Arief meminta kepada Kadis Indakop M Noor agar dapat merencakan atau menggelar event yang sama di Kota Tangerang sebagai wadah bagi UKM dan pengrajin agar dapat mengembangkan usahanya. “Sehingga masyarakat dapat mengetahui potensi dan produk yang dihasilkan oleh UKM dan Pengrajin di Kota Tangerang,” katanya.
 
Menurut Arief keberadaan UKM sangat membantu laju pertumbuhan ekonomi di Kota Tangerang . Hal ini bisa dilihat dari laju pertumbuhan ekonomi Kota Tangerang yang menunjukkan tren terus meningkat dari 5,74% pada Tahun 2009 menjadi 7,15% di Tahun 2011.
 
“Tingginya pertumbuhan tersebut didukung oleh fungsi Kota Tangerang yang semakin berperan sebagai kota industri, perdagangan, serta jasa yang turut menarik masyarakat yang ada disekitar Kota untuk datang, bekerja bahkan menetap di Kota Tangerang,” jelasnya.
 
Inacraft yang digelar dari tanggal 25-29 April 2012 ini merupakan pameran kerajinan Indonesia terbesar yang diselenggarakan setiap tahun sejak 1999. Pameran ini diselenggarakan oleh Asosiasi Exporters dan Produsen Kerajinan Indonesia (Asephi) bekerja sama dengan PT Mediatama Bina Kreasi, dan didukung beberapa kementerian dan BUMN terkait pembinaan Koperasi dan UKM. Pameran kali ini diikuti 1.800 perusahaan kerajinan dari seluruh Indonesia yang menempati 1.237 stand. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang diikuti 1.650 perusahaan.(RAZ-TangerangNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar