PDIP Minta Tak Gunakan Tentara Untuk Amankan Demo



JAKARTA - Pengerahan tentara untuk mengamankan aksi unjuk rasa mahasiswa dan rakyat yang menolak kenaikan harga BBM disesalkan anggota Komisi III dari Fraksi PDIP, Eva Kusuma Sundari. Dia menilai sebuah indikasi kemunduran proses berdemokrasi di Indonesia.
”PDI perjuangan menyesalkan sikap pemerintah yang cenderung represif dan berlebihan dalam menangani demontrasi mahasiswa dan rakyat yang menolak kenaikan BBM di Jakarta. Karena keterlibatan TNI dalam pengamanan aksi demontrasi itu tanpa keputusan politik, yaitu musyawarah dengan lembaga legsilatif (DPR) yang merupakan perwakilan rakyat sekaligus pimpinan politik,” jelas Eva kepada INDOPOS, Sabtu (24/3).
Menurutnya, cara-cara itu merupakan preseden buruk bagi posisi TNI maupun dalam konteks demokrasi di Indonesia. ”PDIP menghimbau agar TNI tidak mengulang kesalahan di Jakarta (mengamankan pengunjuk rasa). TNI jangan lagi dikerahkan untuk pengamanan unjuk rasa di daerah-daerah.
Tolong hormati kepala daerah sebagai pemegang otoritas politik dan posisi kepolisian sebagai penanggung jawab keamanan daerah dalam situasi tertib sipil,” papar Eva. Dia menambahkan dalam situasi darurat sipil atau tertib sipil Polri yang memegang penuh otoritas keamanan dan penegakan hukum. ”Kalau dalam situasi perang, tentunya lain lagi. Artinya, jangan sampai tujuan penertiban massa dilaksanakan dengan mengorbankan HAM rakyat apalagi memundurkan praktik demokrasi di Indonesia ini,” lontarnya.
Eva juga mengimbau agar semua elemen masyarakat yang hendak menggelar unjuk rasa agar melakukannya dengan tertib dan terarah. ”Dan yang terpenting tidak anarkis. Silakan menyalurkan aspirasinya ke DPRD masing-masing di daerah,” pungkasnya. Senada dengan Eva, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima, juga meminta agar pengunjuk rasa yang menolakn kenaikan BBM tidak melakukan aksi anarkis.
”Pasal 28 UUD 1945 menjamin kebebasan rakyat untuk berekspresi. Karena itu, negara tidak boleh bertindak represif terhadap aksi unjuk rasa. Sebaliknya mahasiswa dan masyarakat yang berdemonstrasi jangan merusak atau melakukan kekerasan,” tegasnya. Aria mengingatkan, sistem demokratis harus dipahami, bahwa demonstrasi menolak kenaikan BBM merupakan hak warga negara yang dijamin UUD 1945.
”Secara substansial, pemerintah harus memahami aksi-aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM sebagai bagian sah dari upaya mahasiswa beserta rakyat untuk memperjuangkan kesejahterannya,” ujarnya.
Unjuk rasa, tambah dia, harus dilihat sebagai akibat kebijakan pemerintah yang dinilai akan berdampak makin terpuruknya kehidupan masyarakat. Dikatakan juga, demonstrasi masif tidak akan muncul bila pemerintah tidak berencana menaikkan harga BBM dalam waktu dekat dan bergeming dari berbagai masukan politisi, pengamat, dan kalangan intelektual untuk mencari solusi alternatif daripada menaikkan harga BBM. (ind-indopos.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar