Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Kegiatan Penerapan e-KTP Tahun 2012


Wakil Walikota Tangerang H.Arief R.Wismansyah menyatakan bahwa Pemerintah Kota Tangerang berupaya keras dalam mengoptimalkan segala potensi dan langkah-langkah strategis dalam mensukseskan pelaksanaan perekaman data e-KTP yang ditargetkan selesai pada akhir April 2012 ini. Upaya-upaya tersebut antara lain dengan mengoptimalkan sistem pelayanan jemput bola dengan perangkat e-KTP mobile, selain upaya-upaya lainya seperti sosialisasi yang dilaksanakan oleh Camat dan Lurah yang terjun langsung untuk mengajak masyarakat agar dapat hadir pada perekaman data e-KTP.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Tangerang saat memimpin Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Kegiatan Penerapan e-KTP Tahun 2012 bertempat di meeting hall Puri Avia Jl. Raya Puncak, Bogor, Rabu (11/04).

Lebih lanjut Wakil Walikota mengatakan bahwa Camat dan Lurah dapat menentukan langkah-langkah optimal dan maksimal dalam menggerakan masyarakat untuk membuat e-KTP karena saat ini Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) telah membuka pelayanan e-KTP mobile dengan sistem jemput bola di setiap Kecamatan karena dengan pelayanan e-KTP mobile masyarakat yang tidak sempat datang ke Kecamatan karena kesibukannya bekerja dapat melakukan perekaman melalui e-KTP mobile yang mengunjungi kawasan pemukiman penduduk.

Untuk mendukung e-KTP mobile ini Dinas Dukcapil telah menyiapkan 20 perangkat perekam data yang disebar di seluruh wilayah Kota Tangerang. Sejauh ini Dinas Dukcapil sudah menerapkan pelayanan e-KTP mobile, pelayanan ini akan terus ditingkatkan sesuai kebutuhan guna mencapai target selesainya perekaman data hingga akhir April 2012 ini. "Tim e-KTP siap melayani masyarakat di tempat tinggal mereka. Kita jemput bola." Ujar Wakil Walikota.

Upaya lainnya yang dilakukan oleh perangkat Kecamatan dan Kelurahan yaitu dengan mengoptimalkan sarana yang ada di masyarakat seperti pengajian, kerja bakti, selain tentunya melalui RT dan RW. Pada saat perayaan Maulid contohnya dapat dimanfaatkan oleh Lurah untuk mengajak masyarakat."Sampai ada Lurah yang keliling hingga larut malam door to door mengajak masyarakat dan bahkan ada Kecamatan yang menyediakan live music agar masyarakat hadir ke e-KTP," imbuhnya.

"Saya minta sisa waktu pembuatan e-KTP dapat dilakukan secara optimal melalui langkah-langkah strategis," ujarnya seraya melanjutkan bahwa keinginan Walikota Tangerang H.Wahidin Halim untuk memenuhi target pembuatan e-KTP dapat dilaksanakan secara maksimal. Wakil Walikota juga meminta agar Camat dan Lurah terus mensosialisasikan pembuatan e-KTP kepada warganya melalui kegiatan yang ada di masyarakat.

Sementara itu Kadis Dukcapil Kota Tangerang, Rina Hernaningsih mengatakan bahwa pembuatan e-KTP yang telah dilakukan oleh masyarakat Kota Tangerang sampai dengan tanggal 8 April 2012 sebanyak 717.630 atau sekitar 66.37% dari total penduduk wajib KTP sebanyak 1.081.000 jiwa. Dan 59 alat perangkat komputer yang di berikan ke setiap Kecamatan telah ditarik sebanyak 20 perangkat untuk e-KTP mobile.



Tangerang, 11 April 2012
Plt.Kepala Bagian Humas & Protokol


Drs.H.Amal Herawan B,MM
Nip. 196606242002121002

sumber: website kota tangerang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar